Read More.. Indra Long: 25 Jun 07

25 Juni 2007

Apa dan Siapa

Oscar Lawalata
Mengembalikan Kebanggaan Bangsa

Oscar Lawalata, salah satu disainer papan atas Indonesia ini ikut ambil bagian dalam acara Padu Padan Lintas Kepulauan (5/6) di Hotel Mulia Jakarta. Di sana kelahiran Pekanbaru 1 September 1977 tersebut menampilkan rancangan bernuansa etnis. Sebagai orang Indonesia, Ia ternyata tidak melupakan kekayaan budaya lokal.

Oscar mengatakan Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tak terhingga. Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus bangsa diharapkan mampu mempertahankan dan melestarikan kebudayaan. “Jangan sampai kebudayaan yang kita miliki hilang, apalagi tidak dapat dinikmati oleh anak cucu kita nantinya”, ujar Putra Sulung Reggy Lawalata.

Prestasinya diawali menjadi “second winner” dalam ajang Asean Young Designer Contest di Singapura tahun 1999। Saat mengangkat desain baju bodo asal Sulawesi Selatan. Disainer muda berdarah Manado Jawa ini, berharap dapat mengembalikan kebanggaan masyarakat Indonesia terhadap budaya lokal. <+ Indra Kusuma


Wulan Guritno
Menyimpan Kebaya dari Eyang Buyut

Artis cantik kelahiran London 14 April 1980 ini dalam acara Padu Padan Lintas Kepulauan di Hotel Mulia 5 Juni 2007 lalu, tampil mempesona. Ibu satu anak ini lihai berlenggak lenggok di atas catwalk dengan balutan busana kebaya. Busana kebaya rancangan Ghea Pangabean tersebut terkesan seksi digunakan Wulan.

Menurutnya peragaan busana yang ia ikuti tersebut sangat berbeda. “Peragaan fesyen ini sangat unik karena diperagakan oleh ibu-ibu pencinta busana, bukan model pada biasanya sebuah fashion show,” jelasnya.

Wulan berharap kalangan anak muda di Indonesia, harus dapat mengaplikasikan busana tradisional dalam berbagai event. Ia juga mengatakan, masih menyimpan kebaya pemberian eyang buyut waktu kecil dulu. <+ Indra Kusuma.