Indra Long: Low Rider

09 Agustus 2008

Low Rider

emhhh....bila akhir pekan tiba atau ada pagelaran acara yang berbau anak muda. Banyak hilir mudik kendaraan super hemat beroda dua.  Apalagi kalau bukan sepeda. Adalah Low Rider, sepeda yang memiliki disain yang unik dan tak lazim ditemukan pada sepeda biasa.  Sepeda Low Rider pertama kali di perkenalkan pada tahun 1960an, sepeda ini pertama kali di perkenalkan oleh The “custom” king George Barris, sebelum menemukan sepeda low rider si Tuan King ini pekerjaanya adalah menceperkan mobil, Memang saat itu virus Mobil Low Rider sedang mewabah di kalangan anak muda Amerika, Tetapi trend itu hanya bisa dirasakan oleh anak2 muda dari keluarga kaya saja karena untuk membuat sebuah mobil low rider membutuhkan uang yang tidak sedikit, sementara anak2 dari kalangan bawah hanya bisa melongo.

Melihat situasi seperti itu si King mendapatkan ide dengan mencoba membangun sebuah sepeda yang mengacu pada kesan low rider, untuk eksperimen pertama kali si King menerapkan pada sepedanya. Mulailah si King ini memperkenalkan kreasinya dari situ bisa di tebak banyak anak2 dari keluarga yang kurang mampu beralih berkreasi membuat sepeda low rider.

Melihat peluang trend sepeda LR yang mulai di gandrungi akhirnya pada tahun 1963 pabrik sepeda SCHWIIN untuk pertama kalinya mengeluarkan model revolusi baru “New Cruiser STING RAY, model ini dibuat mengacu pada model motor model dragster yang sedang ngetop pd saat itu.Karena model tersebut nyaman di kendarai begitu juga dengan desainnya yg unik maka model tersebut menjadi booming dan digemari oleh anak2 muda.

Di Jakarta dan Bandung perkembangan Low Rider kian pesat seiring dengan ide-ide kreatif anak muda yang menciptakan disain rangka sepeda berbeda dengan yang lainnya. Desain sepeda ini awalnya diilhami oleh model wheelie bikes yang telah muncul sebelumnya. Ciri-ciri yang nampak menonjol dari sepeda low rider ini adalah setangnya yang tinggi dan lebar (apehanger handlebar) atau garpu depannya yang panjang kedepan sampai hampir menyentuh tanah dengan sadel model pisang (banana seat) dengan sandarannya (sissy bar). Framenya biasanya menggunakan model pelangi (rainbow bent frame). Namun kadangkala ada yang ekstrim dengan setang yang tinggi dan fork yang panjang dengan menggunakan per (bent springer fork)....kadangkala menyerupai motor tua.

Ada beberapa aliran yang menggolongkan low rider ini kedalam beberapa jenis yaitu clasic alias original, vegas alias dan oriental dengan cirinya memakai ban serep di bagian belakang seperti vespa. Aliran lain membagi sepeda low rider ini menjadi low rider bicycle, chooper atau stretch dan mountain cruiser.

kalau mau nongkrong atau sekadar liat2 low rider dateng aja ke sebuah kafe di Gandaria, di Fatmawati-Blok A, Teras A Gogo, Senopati, bilangan Monas dan Glora Bungkarno. Semua golongan bisa masuk ke komunitas Lowrider..sebagian kecil..mereka memiliki moge. Tak heran bila sebuah rumah  modifikasi moge sering dijadikan tukar pikiran (kongkow) Tapi jangan kuatir..bagi yang ingin mendisain sendiri gampang caranya. tinggal disain rangka yang diinginkan lalu beli pipa besi dengan diameter yang diperlukan dan tentunya dikerjakan oleh tukang las..tinggal potong-sambung deh harganya gak sampe 350 ribu.

LoNg

3 komentar:

gie7000 mengatakan...

salam kenal mas Indra,nama saya george dari semarang,mas saya buka website mas dan saya tertarik dg sepeda cruiser yg ada di tampilan website mas dan saya berminat sekali mas tapi saya hanya butuh rangkanya aja,dimana saya bisa mendapatkannya mas? mas bisa kirim ke email saya di g_apfelbule@yahoo.co.id ato mas bisa tlp ato sms aja ke 0811299499.Tks B4 ya mas dan saya tunggu beritanya.

gie7000 mengatakan...

salam kenal mas Indra....
nama saya george dari semarang,mas saya tertarik dg sepeda cruiser yg ada di gambar website mas,mas bisa kasih tau dmn saya bisa beli kerangkanya aja krn saya mau buat kreasi sendiri dg kerangka yg ada di gambar mas,tks unt infonya.Mas bisa kirim ke email saya ini ( g_apfelbule@yahoo.co.id) tks again mas

Anonim mengatakan...

Produksi sepeda lowrider, chopper, basman, dan semua pernak perniknya. kunjungi kami di http://velg27.blogspot.com/
phone ; 0817 265 719