Indra Long: KOKO SUSHI & RESTO

15 Juli 2007

KOKO SUSHI & RESTO

KOKO SUSHI & RESTO

Kecil, Sarat Gizi

Bagi Anda yang menyukai masakan khas Jepang tak ada salahnya untuk mencoba Sushi makanan khas negeri matahari terbit ini. Koko Sushi & Resto di ITC Fatmawati adalah salah satu resto yang patut disambangi.

Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi sushi rasanya asam karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Nasi sushi ini dibungkus dengan lapisan berwarna hitam yang terbuat dari rumput laut.

Walau kecil bentuknya, namun kandungan gizinya sangat banyak. Ada tiga bentuk sushi, Puttomaki, Kapamaki, dan Makisushi. Hampir semua bahan makanan dapat dibuat sushi. Membuat sushi diperlukan keterampilan khusus untuk menghasilkan sushi yang cantik dan menarik.

Resto yang baru saja dibuka April ini, memiliki koki yang jempolan dalam hamachi, yaitu mengiris tipis daging secara melintang kemudian digulung dan di atasnya diberi macam-macam isi.

Sushi yang ditawarkan Koko Sushi & Resto antara lain Sushi Mushi. Sushi Mushi ini terdiri dari sushi ikan tuna, sushi ikan kakap, sushi cumi-cumi, sushi salmon, Sushi gurita

Selain itu ada pula potongan ikan segar atau shasimi. Sebagai penyedap, sebelum dimakan biasanya sushi dicelupkan dulu ke dalam kecap asin.

Shasimi ini sendiri terdiri dari potongan ikan kakap, gurita, tuna, cumi-cumi, udang dan salmon. Keahlian dan ketajaman seni sangat terlihat jelas dari penyajian sushi dan shasimi yang mencoba mengajak kita untuk segera menyantapnya. Makanan ini terdiri dari irisan tipis ikan segar yang dimakan dalam keadaan mentah setelah dicelup ke dalam saus kecap asin dan wasabi. Wasabi adalah saus berwarna hijau yang memiliki bau khas dengan rasa seperti mint.

Hampir semua jenis ikan dapat dijadikan sashimi, tetapi yang paling disukai yaitu daging ikan yang berwarna merah dari jenis ikan tongkol dan bonito. Sebagai pelengkap sering juga ditambah dengan udang, cumi-cumi kerang laut dan ark shell. Daging-daging ikan ini merupakan daging ikan dalam keadaan segar. Karenanya mengandung gizi bernilai tinggi.

Koko juga menghadirkan menu set pilihan seperti Tempura Set (udang) dilengkapi dengan chawan mushi, gohan set (nasi, oshinko, soup) dan Dessert. Biasanya terbuat dari ikan segar, kerang-kerangan, dan sayur-sayuran yang digoreng setelah dicelup dalam tepung yang telah diencerkan dengan air dan telur ayam. Enaknya dimakan pada saat panas setelah dicelupkan kedalam saus tempura, ditambah dengan sajian parutan lobak mentah. Untuk sausnya terbuat dari campuran kecap asin.

Tempura sendiri di balut dengan tepung dan di goreng sehingga menghadirkan rasa yang cukup enak dan gurih ketika memakan kulit tepungnya yang tipis. Tempura Udon Set (mi khas jepang) disajikan dalam kuah panas (tsuyu). Kuahnya terbuat dari campuran kecap, sake manis, gula dan sari saus ikan.disajikan dengan udang berbalut tepung tipis.

Bersih, nyaman dan simple, itulah kesan yang akan anda rasakan ketika berkunjung ke restoran milik M. Hidayatullah ini. Selamat mencoba. (+Indra Kusuma)



Tidak ada komentar: