Indra Long: Menjamurnya Dealer Motor Bekas di Pesanggarahan.

15 Juli 2007

Menjamurnya Dealer Motor Bekas di Pesanggarahan.


Menjamurnya Dealer Motor Bekas di Pesanggarahan.

Pesanggrahan, daerah terluar Jakarta Selatan ini memiliki potensi pasar yang besar untuk segmentasi usaha motor bekas layak pakai.

Perkembangan dunia sepeda motor di tanah air hingga tahun 2007 kian marak. Perkembangan itu disambut baik oleh para pengusaha motor bekas yang melihat potensi pasar motor bekas yang kian diminati masyarakat luas. Ketatnya persaingan merebut pasar motor dengan pihak pabrikan, pengusha motor bekas mulai membuat gebrakan promosi. Promosi yang ditunjukan bagi masyarakat kalangan bawah ini telah memberikan keringanan bagi masyarakat untuk memiliki sepeda motor.

Pesanggarahan, daerah terluar wilayah Jakarta Selatan ini memiliki sujumlah dealer motor bekas. Di sepanjang jalan ciledug raya contohnya terdapat kurang lebih lima dealer motor bekas yang menjual berbagai tipe motor dari berbagai pabrikan.

Seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat akan transfortasi yang fleksibel dan tak menyita waktu dalam pengendaraanya. Telah membuat pemakaian sepeda motor bagi masyarakat meningkat. Faktor tersebut lah yang ternyata menjadi salah satu faktor menjamurnya dealer motor bekas di kawasan Pesanggrahan. Belum lagi masyarakat kini berkeinginan dengan uang yang minimalis, mereka bisa memiliki kendaraan walaupun bekas.

Persaingan yang ketat dibisnis motor bekas membuat pelaku usaha sektor ini harus pintar-pintar membaca keinginan pasar. Terbukti dengan maraknya promosi untuk menggaet pembeli, sejumlah dealer motor bekas melakukan persyaratan yang mudah dengan sistem angsuran yang ringan. Belum lagi sejumlah dealer memberanikan dengan uang muka 300 ribu dan cicilan mulai dari 250.ribu masyarakat kelas bawah sudah dapat memiliki sebuah sepeda motor.

Seperti Diana Motor, salah satu dealer motor bekas yang terletak di Petukangan Utara Jakarta Selatan yang khusus melayani jual beli baru dan motor bekas. Menurut Eddy Triyanto karyawan Diana Motor mengatakan. Masyarakat sekarang ini lebih cenderung memiliki kendaraan motor bekas. Selain persayaratannya mudah, cicilan perbulannya dapat terjangkau masyarakat kelas bawah.

Eddy menambahkan, dalam satu bulan Diana Motor dapat menjual 27 hingga 30 unit sepeda motor dari berbagai tipe. Ia mengatakan Honda masih memimpin dengan tipe motor Supra x diikuti Yamaha dengan Yamaha Jupiter Z-nya.

Dalam mengatisipasi tingkat masalah cicilan, Diana Motor yang sudah memiliki lima cabang ini berpendapat tidak akan menjadi masalah. Pasalnya masyarakat yang mengambil motor bekas adalah masyarakat yang benar-benar membutuhkan motor. Jadi diharapkan pembayarannya akan bagus dan tidak menjadi masalah.

Masyarakat juga tidak usah ragu akan kondisi motor. Walaupun tetap motor bekas, motor-motor yang terpajang tersebut memiliki kondisi mesin dan bodi yang masih oke. Selain itu banyak yang memberikan jaminan kehilangan motor dan balik nama dengan biaya ringan. Serta ada yang memberikan servis tiga kali gratis dan jaminan suku cadang.

Untuk urusan surat-surat dealer motor bekas menjamin keaslian dan kelengkapannya. Tak heran jika motor bekas yang dijajakan dipinggir jalan diambil dari tarikan beberapa leasing, asuransi atau pelelangan yang sah. Bagi anda yang berkeinginan memiliki motor bekas alangkah baiknya memperhatikan kondisi motor dan surat-suratnya dengan teliti. (=Indra Kusuma)

Tidak ada komentar: