Indra Long: Perawatan Rambut

15 Juli 2007

Perawatan Rambut

Perawatan Rambut

Ada Pepatah yang bilang, rambut adalah mahkota manusia, sehingga tidak heran jika banyak orang yang meluangkan waktu dan uang agar rambutnya tampak indah berkilauan. Rambut sehat adalah impian bagi setiap orang, tak heran jika usaha dibidang ini cukup bertahan.

Rambut yang sehat adalah rambut yang memiliki perawatan yang teratur. Dengan asupan vitamin A, vitamin C, vitamin E dan selenium. Vitamin tersebut dapat ditemukan pada sayuran dan buah-buahan. Pertumbuhan rambut hanya bisa didukung dari dalam tubuh, sedangkan penambahan vitamin dari luar tubuh tidak terlalu efektif. Selain kuku dan gigi, rambut merupakan bagian tubuh yang pertumbuhannya sangat cepat. Setiap orang memiliki lebih kurang 100.000 helai rambut di kepalanya. Setiap helai rambut tumbuh dalam waktu sekitar dua hingga enam tahun.

Sebenarnya, setiap orang dianugerahi rambut bercahaya sebab pada akar rambut keluar lemak yang membuat helai-helai rambut tampak mengkilat bercahaya. Inilah yang disebut rambut normal dan sehat. Namun, faktor lingkungan, termasuk perlakuan pada bagian atas kepala itu, membuat rambut kehilangan lemak tersebut. Akibatnya, pertumbuhan rambut pun tidak sehat. Rambut menjadi kering atau rusak.

Hal sama terjadi pada orang-orang yang mengalami stres, penyakit berat, diradiasi, dan sebagainya. Rambut rontok karena sempat tidak mendapatkan pasokan makanan untuk beberapa saat. Namun, jika jumlah rambut rontok hanya 50-100 helai setiap hari, masih bisa dikatakan normal. Orang yang mengalaminya tidak perlu khawatir karena jika ada rambut rontok, rambut baru akan tumbuh kembali sebab akar rambut masih ada.

Blow & Co salon hair yang terletak di jalan wijaya II ini memberikan solusi perawatan rambut.

Mince dan Gino stylist mengatakan Hair manicure adalah model perawatan rambut agar lebih sehat, mengkilat dan warna rambut lebih kelihatan. Hair manicure, selain untuk menutupi kerusakan yang terjadi akibat bahan kimia yang ditimbulkan produk pewarna rambut, juga membuat warna rambut menjadi lebih awet. Perawatan ini sangat disarankan dilakukan sesaat setelah proses pewarnaan dilakukan atau beberapa hari setelahnya.

Perawatan tersebut melapisi kutikula rambut. Perawatan lainnya yang disarankan, melakukan hair spa. Proses hair spa kurang lebih sama dengan creambath, bedanya hair spa menggunakan serum dan vitamin yang efeknya pada perawatan rambut lebih maksimal, karena selain mengatasi masalah batang rambut juga untuk perawatan kulit kepala. Creambath juga untuk perawatan rambut, tapi lebih ke arah relaksasi. Lain lagi halnya dengan hair masker, perawatan ini hanya di fokuskan pada batang rambut. Hair masker perawatannya sangat fokus pada helaian rambut, biasanya proses pewarnaan akan merusak batang rambut, untuk mencegah atau memperbaiki kerusakan rambut, hair masker sangat disarankan,


Berbeda dengan creambath dan hair spa dimana perawatannya sangat disukai karena ada proses rileksasi dengan massage kepala, tapi tidak halnya dengan hair masker. Karena perawatannya lebih fokus ke batang rambut, massaga tidak ada dalam perawatan ini, perawatan ini juga cocok bagi yang mengalami masalah kerontokan rambut, karena tidak ada proses menarikan pada rambut. Selain itu rambut yang telah diwarnai cenderung lebih kering. Jadi, jangan pernah lupa untuk memberikan conditioner setiap usai mencuci rambut untuk menjaga helaian rambut agar tidak kering dan pecah. # Indra Ksuma

Tidak ada komentar: