Indra Long: Saraswati :: Cantik-Nya Dewi Pendidikan (Saraswati)

25 Agustus 2009

Saraswati :: Cantik-Nya Dewi Pendidikan (Saraswati)


Cantik-Nya Dewi Pendidikan (Saraswati)


...Sabtu Pagi tadi sekitar pukul 9 pagi ribuan umat hindu bali berbondong-bondong melakukan sembahyang dan upacara dalam perayaan hari raya Saraswati (1/8). Dewi Saraswathi sejatinya adalah “Sakti” dari Dewa Brahma, simbul pencipta alam semesta. Secara filosofis, segala macam bentuk penciptaan semuanya bersumber pada ilmu pengetahuan. Dengan dilambangkan dengan kecantikan diharapkan umat manusia yang masih diliputi awidya, atau kegelapan, mampu melepaskan diri untuk bangkit mencapai pencerahan dan penerangan lahir dan bathin.

Ilmu pengetahuan dilambangkan dengan lambang Wanita Cantik. karena dapat menarik dan membuat orang menjadi lebih berpengetahuan. Prosesi yang dilakukan umat hindu bali ini secara kompak dilakukan oleh pemerintah dan lembaga pendidikan dan masyarakat. sehingga hari raya Saraswati ini fluktuatif dan menjadi hari libur belajar mengajar di Bali.

para pelajar akan melakukan sembahyang terlebih dahulu dan melanjutkan sembahyang ke Pura Agung Jagat Natha, Denpasar (bagi para pelajar yang rumah dan sekolahnya tidak terlalu jauh). Dipimpin oleh 10 pemangku pura Agung, perayaan tersebut berlangsung cukup hidmat. terlihat penjagaan polisi dari polda bali turut mengamani lokasi. perayaan ini di mulai sejak pukul 09.00 WITA hingga pukul 04.00 WITA. Nanti malam merupakan paling ramai, umat hindu datang ke Pura Agung Jagat Natha Denpasar," jelas pemangku pura Agung, Ida Bagus Mangku Widia.

-Cantiqnya Ilmu pendidikan seperti Cantiqnya seorang Gadis yang memikat-

Tidak ada komentar: