Indra Long: Senam menyehatkan

26 Juli 2007

Senam menyehatkan


Senam Gratis di Senayan

Menjaga kesehatan tampaknya bagi banyak orang bukan hal yang baru, kerena olahraga sangat baik dan penting untuk kesehatan serta pertumbuhan tubuh manusia.

Setiap Minggu pagi di depan pintu empat Glora Bung Karno Senayan Jakarta berlangsung senam kesehatan. Senam kesehatan tersebut bernama Senam Tera. Senam yang berasal dari senam Taici Cina ini sendiri memiliki dua kategori. Kategori pertama adalah senam beladiri dan yang kedua senam pernapasan (cikung). Senam ini lah yang setiap hari Minggu pagi diberikan kepada masyarakat pengunjung Glora Bung Karno Senayan secara gratis dimulai pada pukul 07 sampai pukul 09 pagi..

Senam tera merupakan salah satu latihan fisik dan kebugaran yang baik bagi metabolisme tubuh. Senam tersebut dilakukan dengan cara mengontrol pernapasan sehingga tercipta pergantian zat di dalam tubuh secara teratur.

Menurut Wibisono Pembina senam tera di Senayan senam ini sangat baik bagi masyarakat kota. Mengingat kadar polusi udara di perkotaan yang setiap harinya semakin memburuk. Apalagi bagi yang memiliki aktifitas perkantoran yang padat, dengan keterbatasan waktu dapat meluangkan waktunya untuk menormalisasikan sistem pernapasan dengan cara mengikuti senam tera.

Ia menambahkan hampir 80% orang yang melakukan senam tera secara teratur dan dispilin memiliki pernapasan yang baik, peredaran darah menjadi lebih baik dengan kadar oksigen yang mencukupi serta terbuangnya sampah-sampah dari tubuh secara alami.

Ada tiga tahapan senam yang dilakukan; yang pertama adalah pemanasan dan melakukan senam tera; kedua senam wajib dari pemerintah dan yang terakhir senam aerobik.

Senam tera di Senayan ini terbukti dapat bertahan memberikan senam kesehatan bagi masyarakat secara gratis. Pasalnya, Organisasi Senam Tera Indonesia yang berkantor pusat di Lemhanas (lembaga pertahanan nasioanl) ini memiliki tujuan untuk menyehatkan masyarakat dari semua kalangan.

Pada awalnya senam tera di depan Pintu IV Gelora Bung Karno Senayan yang kini sudah 20 tahun lebih ini hanya diikuti oleh sebagian orang saja. Mereka masih menganggap senam merupakan salah satu olahraga yang kurang popular tanpa melihat manfaat yang besar dari senam itu sendiri. Lambat laun perkembangan peserta senam tera pun bertambah seiring dengan meningginya tingkat kesadaran masyarakat akan arti hidup sehat.

Pada umumnya manfaat senam ini ternyata sangat banyak. Seperti menurunkan lemak darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, membantu mengendalikan penyakit kencing manis diabetes mellitus, hipertensi (tekanan darah tinggi), meringankan sakit sendi arthritis, memperlambat munculnya <>, dan lain-lain.

Agar tidak membosankan senam tersebut diiringi alunan musik yang membuat peserta senam menjadi bersemangat dengan mengikuti irama dan koreografer sang pelatih. Tak hanya ibu-ibu dan bapak-bapak yang mengikuti senam ini. Banyak diantaranya para lansia dan anak anak.

Menurut salah satu peserta senam Ahmad Taufik, senam tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya. Seusai lari mengelilingi stadion ia langsung mengikuti senam gratis tersebut. Ini merupakan kali pertama ia ikut senam tera dan langsung mengikuti arahan dari coreografer. “Senam ini sangat baik untuk kesehatan terutama untuk pernapasan,” ujarnya. Sudah saatnya bagi anda yang memiliki aktifitas perkantoran yang padat meluangkan waktu untuk berolah raga guna menjaga kondisi tubuh yang prima dan sehat.



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Di mana saya bisa beli kaset untuk senam tera ini pak, please info.

ade oktarini
ade_oktarini@yahoo.com